Skala Prioritas

Assalamu’alaikum.

Bingung karena kebanyakan kegiatan? Harus milih yang mana duluan? Terjebak dengan kebiasaan menunda-nunda? Semua itu bisa diantisipasi dengan membuat skala prioritas. Eh, tapi apa sih skala prioritas itu?

Dari seluruh sumber yang pernah saya pelajari dan saya baca, intinya, skala prioritas itu adalah tingkat-tingkat yang memiliki kriteria tertentu atas segala sesuatu yang diutamakan. Tambah bingung ya? Sama. Saya juga. :P

Tapi gak jadi masalah sama yang namanya pengertian. Dan dari semua pandangan mengenai skala prioritas, yang paling bagus itu dilihat dari dua aspek, yaitu aspek waktu dan aspek dampak, yang digambarkan seperti matriks di bawah ini:

1. HAVE TO DO (Penting dan Mendesak)

HAVE TO DO, sesuatu yang harus dikerjakan sekarang juga karena waktunya sudah mepet dan kalo gak dikerjakan bisa buruk akibatnya. Contohnya, mengerjakan tugas kuliah yang dikumpulkan besok pagi atau mengantarkan istri yang mau melahirkan ke rumah sakit. Coba bayangkan kalo kita gak melakukan itu semua, bisa fatal. Makanya, hal-hal yang termasuk dalam prioritas HAVE TO DO ini memang harus dikerjakan saat ini juga. Hayo para pembaca, ada sesuatu yang HAVE TO DO gak sekarang?

2. NEED TO DO (Penting tapi Tidak Mendesak)

NEED TO DO, sesuatu yang harus dikerjakan tapi tidak mendesak karena masih ada waktu lain untuk mengerjakannya. Namun jika pengerjaannya ditunda-tunda bisa berubah menjadi HAVE TO DO, dan apabila gak dikerjakan bisa berakibat buruk. Sebenarnya banyak sekali hal yang termasuk dalam prioritas NEED TO DO. Contohnya belajar materi untuk UAS meskipun ujian masih dua bulan lagi, atau membaca tulisan-tulisan saya, atau menabung untuk biaya kuliah anak yang masih SD. Namun seringkali penyakit malas dan procrastinate (menunda-nunda) mengubah hal-hal tersebut menjadi HAVE TO DO ketika sudah dikejar-kejar oleh deadline alias jatuh tempo. Dalam peribahasa Indonesia, sesuatu yang digolongkan dalam kategori NEED TO DO ini bisa dibilang ‘Sedia Payung Sebelum Hujan‘.

3. PROMPT TO DO (Tidak Penting tapi Mendesak)

PROMPT TO DO, sesuatu yang sebenarnya gak perlu dilakukan oleh seseorang tapi harus dikerjakan sekarang juga. Nah, hal-hal seperti ini bisa saja kita kerjakan sendiri jika memang gak ada hal lain yang HAVE TO DO atau NEED TO DO. Namun apabila  kita sedang ada sesuatu yang HAVE TO DO atau sedang banyak NEED TO DO, sebaiknya sesuatu yang PROMPT TO DO ini didelegasikan (istilah ndesonya: di-oper) kepada orang lain. Kebanyakan hal-hal yang PROMPT TO DO ini adalah sesuatu yang menyangkut orang lain, bukan hanya diri kita sendiri. Contohnya apa ya? Misalnya membeli rokok untuk tamu yang sedang ada di rumah. Sebaiknya suruh saja adik kita yang masih SD untuk membelinya, karena kita sendiri sedang ngobrol dengan tamu tersebut atau kita sedang ada kerjaan lain yang lebih penting.

4. WANT TO DO (Tidak Penting dan Tidak Mendesak)

WANT TO DO, sesuatu yang gak penting dan gak harus dikerjakan sekarang juga. Ya sebaiknya sih tunda saja, atau gak usah dikerjakan. Tetapi ya namanya juga manusia, pasti memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu hal yang dapat memuaskan dirinya, meskipun sebenarnya hal itu gak ada manfaatnya sama sekali dan gak perlu juga untuk dilakukan. Misalnya main game, baca komik, atau nonton film. Hal yang perlu diingat adalah bahwa sebaiknya sesuatu yang WANT TO DO ini dikerjakan ketika gak ada hal-hal lain yang bersifat HAVE TO DO, NEED TO DO, maupun PROMPT TO DO.

***

Begitulah kira-kira yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Yang benar datang dari Allah dan yang salah datang dari diri saya pribadi.

Wassalamu’alaikum.

*Gambar dari:

  1. http://www.ashpfoundation.org
  2. 1.bp.blogspot.com
About these ads

4 thoughts on “Skala Prioritas

  1. Pingback: Skala Prioritas Hidup « Yuldiais's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s